Senin, 18 Maret 2013

kts

Solusi pungut PPN untuk non NPWP/Pribadi

Masalah PPN memang menjadi salah satu hal menarik dalam perpajakan. PPN diartikan sebagai Pajak yang harus disetorkan ke kas negara melalui pemungut pajak (Badan/Pribadi yang ber-PKP) atas penyerahan barang/jasa (termasuk juga uang muka yang telah disetorkan, lihat PENJELASAN PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2012 pasal 19)

Yang akan dibahas disini bagaimana jika kita menjual ke orang pribadi dan biasanya tidak mau tagihannya ditambahkan PPN 10 % sedangkan kita sebagai PKP diwajibkan pungut PPN, solusinya dengan INCLUDE PPN dengan menaikkan harga jual terlebih dahulu misal :

Perhitungan sebelum include :

Harga jual awal 1.000.000
PPN 100.000
Total tagihan menjadi 1.100.000

Perhitungan setelah Include :
Harga jual 1.100.000 (konsultasikan kepada Pembeli jika ada kenaikan harga jual)
Total tagihan 1.100.000

Untuk contoh Invoice yang dapat dijadikan faktur pajak atas transaksi diatas sbb :


Jadi Pembeli tidak merasa ditambahkan PPN melainkan kenikan harga jual saja.



Sumber : Hukumonline.com

Untuk menambah wawasan anda tentang software akuntansi kunjungi link ini
Jika Anda memerlukan jasa konsultan Integrated Accounting System(IAS) bisa ke sini
Read More

Kamis, 14 Maret 2013

kts

Membuat Alias Accurate Dengan Cepat

Kali ini Saya akan memberikan pengalaman ketika sedang implementasi untuk SOFTWARE ACCURATE pada PT BBA (perusahaan penyedia alat berat pengeboran minyak), dimana BBA memiliki 4 perusahaan rekanan dan ke 4 Perusahaan tersebut berada dalam 1 lokasi dengan BBA. Saya diberikan kepercayaan untuk mengimplementasikan ACCURATE agar bisa berjalan semuanya sesuai keinginan Owner.

Di hari pertama Saya bersama seorang Rekan mewakili AKMAL_CONSULT memulai implementasi dengan penjelasan secara umum mengenai modul dan menu-menu yang ada di ACCURATE 4 Deluxe dan kemudian dilanjutkan dengan training modul PEMBELIAN. Tak ada yang luar biasa di hari pertama ini (berhubung sudah sering menangani case-case sejenis :D ).

Training dilakukan rekan Saya, disaat yang sama Saya mulai setting koneksi semua client ke server dimana di server itu terdiri dari 5 database woW...  bayangkan jika harus buatkan ALIAS di masing2 client, bagaimana jika ada 5 client kita harus mengetikkan satu per satu path databasenya :( .

Nah,,, saat itulah Saya berpikir apa tidak bisa cukup sekali setting ke 1 Client dan client lain tinggal copy saja. Muncul ide memanfaatkan aplikasi bawaan windows "REGEDIT".... caranya monggo disimak :


1.       Pertama buatkan dulu Alias di Client 1, caranya bisa dilihat disisni http://akmalbebasberbagi.blogspot.com/2013/03/cara-save-as-alias-pada-accurate.html
2.       Kalau sudah sekarang eksport REGEDIT pada Client 1, caranya masuk ke REGEDIT dengan klik logo windows +R pada keyboard dan ketikkan REGEDIT kemudian OK (kalau ada warning YES saja)
3.       Ekspand menu HOTKEY_CURRENT_USER -> Software -> AccurateVer4 -> Alias
4.       Pada folder Alias klik kanan pilih eksport

5.       Save File regedit tersebut di folder yang dishare ke semua PC Client
 















 
6.       Sekarang beralih ke PC Client 2, Eksekusi/klik 2 kali file Alias yang disharing tersebut
7.       Lakukan hal yang sama untuk PC Client lainnya

Selamat Mencoba
Untuk menambah wawasan anda tentang software akuntansi kunjungi link ini
Jika Anda memerlukan jasa konsultan Integrated Accounting System(IAS) bisa ke sini
Read More
kts

Cara Save As Alias Pada Accurate, Zahir, FINA


Save as Alias dimaksudkan untuk mempermudah user membuka data. Kalau biasanya kita buka data dengan cara pilih Local atau Remote lalu isi ServerName dan alamat data, sedangkan dengan memilih Alias pada saat Open Existing Company(Buka data Perusahaan) kita tinggal pilih nama Alias-nya.
Cara buat Alias :
1.      Buka data yang akan dibuatkan alias sampai dengan login dan sampai semua modul dan menu di accurate tampil.
2.      Setelah tampil data yang sudah terbuka tsb, pilih menu File | Save as Alias, isi  dengan nama Alias yang kita inginkan, klik Ok.
     















3.      Berikutnya buka data dengan Alias (Open Existing Company/Buka data Perusahaan) bisa langsung pilih button Alias dan pilih nama alias untuk data yang ingin kita buka.

Selamat Mencoba ;)

Kunjungi juga penawaran menarik ini Training Accurate Pasti Bisa
Read More

Kamis, 07 Maret 2013

kts

Login 2 Akun Ym Dalam Satu Komputer

Pada Instalasi asli bawaan Yahoo Messenger hanya bisa login satu akun yahoo saja di satu komputer. Lantas bagaimana jika kita ingin mengaktifkan 2 akun sekaligus, tentu bisa. Yaitu dengan modifikasi regedit. Caranya seperti berikut :
  

1.        Buka Start Menu dan kemudian pilih program run atau TEKAN logo WINDOWS + R pada   Keyboard, lalu ketik regedit dan OK
2.        Bila sudah masuk dalam Registry Editor lalu cari dan buka folder HKEY_CURRENT_USER
3.        Pilih folder Software -> Yahoo -> pager -> Test
4.        Dalam folder Test ini buatkan string baru, caranya klik kanan —> new –> DWORD value
5.        Rename New Value #1  menjadi menjadi plural
6.        Klik 2x dan ganti Value data yang tadinya 0 menjadi 1 seperti gambar dibawah :

Sekarang coba buka program yahoo messenger dan login dengan akun anda yang pertama, kemudian buka program yahoo messenger lagi dan login dengan akun kedua anda, begitu seterusnya untuk akun yang lain jika ada, mudah bukan…


Cara gini bisa cocok untuk para customer service yang melayani pelanggan dengan menggunakan akun customer service tapi dianya juga pingin chat dengan akunnya sendiri. Jadi bisa dipisah-pisah mana akun personal dengan profesional tanpa sign out - sign in ym.

Kami menyediakan jasa training dan implementasi software akuntansi Accurate, training dan implementasi software akuntansi FINA, serta menerima jasa pembuatan report Accurate dan jasa pembuatan report FINA
Jika Anda memerlukan jasa konsultan Integrated Accounting System(IAS) bisa ke sini
atau lihat iklannya disini Training & Implementasi Accurate 

Read More

Rabu, 06 Maret 2013

kts

Sharing Folder/File Via Internet



Kali ini Saya akan berbagi software gratis yang sangat amat membantu terutama bagi Anda dengan tingkat mobilitas yang tinggi, dimana anda bekerja  menggunakan Desktop PC di kantor dan Notebook saat dinas sekaligus Smart Phone saat bepergian. Yang jadi pertanyaan bagaimana agar pekerjaan Anda dikantor dapat diakses dan dimodifikasi atau dikerjakan melalui notebook atau smartphone saat Anda dinas keluar atau saat berlibur dan otomatis mengupdate dokumen/pekerjaan di desktop PC kantor tersebut ?. Hal ini biasa disebut dengan istilah “CLOUD SYSTEM” dan proses tersebut sering disebut dengan ”SYNCRONIZE”.

Sebenarnya sudah banyak pengembang software yang memasarkan produk semacam itu antara lain googledocs dari google.inc, namun kali ini Saya hanya membahas satu aplikasi yang cukup ringan dan GRATIS yaitu DROPBOX. 

Mengapa dropbox??
      1.       Tidak ada bedanya dengan sharing folder antar Lokal Area Network, tapi ini Worldwide Network
      2.       Tidak perlu klik upload untuk menambah/mengedit.
      3.       Koneksi stabil
      4.       Kompatible dengan hampir semua OS (Win, Linux, Android, IOS)
      5.       User Friendly
      6.       Dan pastinya Gratis (dengan keterbatasan quota File)
     
      Berikut Tampilan DROPBOX di Desktop PC



Tampilan di Website dengan login ke akun dropbox (bisa daftar dengan akun email aktif Kita)





Tampilan di Smartphone Android :
 


Saya sudah menggunakannya untuk bertukar file antar cabang, berbagi file ke rekan kerja, teman, saudara dan Anda tentunya :D. Soo selamat mencoba

Lihat Video dan Download aplikasinya disini https://www.dropbox.com/

Untuk menambah wawasan anda tentang software akuntansi kunjungi link ini
Jika Anda memerlukan jasa konsultan Integrated Accounting System(IAS) bisa ke sini






Read More